DPKP DIY

  • Beranda
  • Profil
    • Tentang DPKP DIY
    • Sejarah
    • Visi, Misi dan Sasaran
    • Tugas dan Fungsi
    • Struktur Organisasi
    • Jogja Agro Park
    • Kelembagaan
    • Profil Pejabat
  • Informasi Publik
    • Pengantar
    • Visi, Misi dan Maklumat Pelayanan
    • Dengan 4M Cegah Covid-19
    • Ayo Jaga Lingkungan Kerjamu
    • Pakailah Maskermu Dengan Benar
    • Maklumat Pelayanan
    • Form Pernyataan Keberatan Atas Permohonan Informasi
    • Tata Alur Permohonan Informasi Publik dan Pengajuan Keberatan
    • Form Permohonan Informasi Publik
    • Informasi Berkala
    • Informasi Setiap Saat
    • Informasi Serta Merta
    • Produk Hukum
  • Data DPKP
    • Agenda Pimpinan
    • Database Benih
    • Harga Pangan
    • Produk Pertanian DIY
    • Publikasi
    • Standar Operasi Prosedur (SOP)
    • Pengadaan Barang dan Jasa
    • e-LHKPN
  • Berita
    • Agenda Kegiatan
    • Agenda Pimpinan
    • Berita Eksternal
    • Berita Internal
    • Data Statistik
    • Database Benih
    • e-Pengendalian
    • Ilmu, Pengetahuan dan Teknologi
    • Keagamaan
    • Layanan Kami
    • Pengumuman
    • Publikasi
    • Umum
  • e-Pengendalian
    • Sejarah SPIP
    • Definisi SPIP
    • Dasar Hukum dan Referensi SPIP
    • SPIP Bid. Peternakan & Keswan
    • SPIP Bid. Tanaman Pangan
    • SPIP Bid. Hortikultura
    • SPIP Bid. Perkebunan
    • SPIP Bid. Ketahanan Pangan
  • Galeri
  • Kontak

Postingan Lainnya

16 July 2019 | admin

Sertifikasi Benih

01 June 2019 | program

Magang di UPTD BPPPMBTP

01 June 2019 | program

Pelayanan Sertifikasi Benih Pertanian Tanaman Pangan Dan Perkebunan UPTD BPPPMBTP

01 June 2019 | program

Penjualan Benih di UPTD BPPPMBTP

01 June 2019 | program

Layanan Pengaduan Keluhan UPTD BPPTDK

Selengkapnya


Links

  • Email Pemda DIY
  • Jogja Benih
  • Kementerian Pertanian RI
  • Pemda DIY
  • SI Cadangan Pangan

Banner Links

  • Profil UPTD BPPTDK
  • Propaktani TV
  • UPTD BPPPMBTP

Layanan Pengujian Laboratorium Kesehatan Hewan UPTD BPPTDK

Ditulis oleh admin Waktu 01 June 2019 Kategori Layanan Kami

A. Persyaratan Pelayanan

Menyerahkan formulir yang sudah diisi dan ditandatangani pemohon, dengan menunjukkan :

  1. Identitas Pemohon (SIM/KTP);
  2. Membawa hewan/specimen yang akan diperiksa;
  3. Membawa surat pengantar (jika rujukan).

 B. Sistem Mekanisme dan Prosedur

  1. Pemohon / Konsumen datang ke Laboratorium untuk melakukan permohonan pengujian dengan mengisi formulir. Jika rujukan, harus membawa surat pengantar dan diverifikasi oleh petugas;
  2. Bagian laboratorium melakukan kaji ulang permohonan pengujian;
  3. a) Jika pengujian yang diminta belum bisa dikerjakan oleh laboratorium karena  keterbatasan alat/bahan maka sampel akan dirujuk ke laboratorium yang dapat menguji (dengan persetujuan pemohon). b) Jika pengujian yang diminta bisa dikerjakan oleh laboratorium maka Petugas (laboratorium) akan menerima sampel dan pengambilan sampel dilakukan oleh petugas laboratorium.  Sampel yang memenuhi syarat akan dilakukan pengujian, tetapi bila sampel tidak memenuhi syarat maka tidak dilakukan pengujian. Pengujian dilakukan sesuai dengan permintaan pelanggan / konsumen dan instruksi kerja pengujian/Standar Operasional Prosedur;
  4. Pemohon dapat mengambil hasil pengujian setelah melakukan pembayaran pengujian sampel;
  5. Bila konsumen mempunyai keluhan / aduan terhadap pelayanan yang diterima maka konsumen mengisi formulir pengaduan keluhan dengan alur tersendiri;
  6. Laporan keluhan / aduan diterima oleh bagian Laboratorium BPPTDK untuk ditindak lanjuti.

 C. Jangka Waktu Penyelesaian

  1. Pengujian Pullorum selama 2 (dua) hari kerja sejak sampel/spesimen diterima;
  2. Pengujian HI/AI selama 2 (dua) hari kerja sejak sampel/spesimen diterima;
  3. Pengujian RBT selama 2 (dua) hari kerja sejak sampel/spesimen diterima;
  4. Pengujian Parasit selama 3 (tiga) hari kerja sejak sampel/spesimen diterima.

D. Biaya/Tarif

Biaya Pengujian sesuai dengan Peraturan Gubernur DIY No. 15 Tahun 2017 tentang Tarif Retribusi Jasa Usaha :

  1. Pengujian Pullorum Test sebesar Rp. 2.350,- per sampel;
  2. Pengujian HI/AI Test sebesar Rp. 15.000,- per sampel/spesimen;
  3. Pengujian RBT/Rose Bengal Test sebesar Rp. 5.000,- per sampel/spesimen;
  4. Pengujian Parasit sebesar Rp. 5.000,- per sampel/spesimen.

E. Produk Pelayanan

Hasil Pengujian Keswan berupa :

  1. Hasil Pengujian Pullorum Test;
  2. Hasil Pengujian HI/AI Test;
  3. Hasil Pengujian RBT Test;
  4. Hasil Pengujian Parasit.

 F. Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukkan

  1. Datang langsung di Sekretariat UPTD BPPTDK Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY Jl. Gondosuli No. 2 Yogyakarta (sebelah timur Stadion Mandala Krida Yogyakarta);
  2. Seksi Diagnostik Kehewanan UPTD BPPTDK Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY – Sumberagung Jetis, Bantul, Telepon 08112950898.
  3. Kotak Saran yang ada di ekretariat UPTD BPPTDK Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY Jl. Gondosuli No. 2 Yogyakarta (sebelah timur Stadion Mandala Krida Yogyakarta);
  4. Telepon/Faks. Sekretariat UPTD BPPTDK di (0274) 552241;
  5. Email : bpbptdk@gmail.com atau bpbptdk@jogjaprov.go.id

G. Kompetensi Pelaksana

  1. Penyelia/Penguji : Dokter Hewan / Sarjana,
  2. Laboran : D III / Sarjana, dan
  3. Petugas Pengambil Contoh / Sampel : D III.

H. Jaminan Pelayanan

  1. Hasil pengujian tidak diragukan karena telah dilakukan oleh petugas yang telah terlatih di bidang pengujian Kesehatan Hewan; 
  2. Laboratorium telah terakreditasi KAN (Komite Akreditasi Nasional) dengan nomor akreditasi LP-1166-IDN untuk ruang lingkup pengujian HI/AI, RBT dan Pullorum test;
  3. Apabila karena sesuatu hal pengujian tidak selesai sesuai dengan SOP pengujian, maka petugas akan menghubungi pemohon.

I. Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

  1.  Kerahasiaan dan keamanan berkas terjamin;
  2. Kepastian biaya yang dikeluarkan sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku;
  3. Bebas KKN.

J. Waktu Pelayanan

  1.  Senin sampai dengan Kamis, pukul 08.00 – 15.30 WIB

    (istirahat 12.00 – 13.00 WIB);

  2. Jumat, pukul 08.00 – 14.30 WIB (istirahat 11.30 – 13.00 WIB);

  3. Sabtu-Minggu & Tanggal Merah (Tutup/Libur).

 

SCAN ME

SosialMedia

Temukan dan ikuti akun DPKP DIY di sosial media Facebook, Twitter dan Instagram pada alamat di bawah ini untuk mendapatkan informasi secara cepat dan mudah selain melalui halaman website ini.


Alamat Kontak

logo
Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY
Jl. Gondosuli No. 6, Kelurahan Semaki, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

Tel.: (0274) 563937, 588938

Fax.: (0274) 563937, 588938

E-mail: dpkp@jogjaprov.go.id

Jam Kerja: 07.30 - 16.00 WIB

Instagram

© Copyright DPKP DIY. All Rights Reserved

Designed using Google Chrome | Loaded 0,131 secs